Dorong HMI Berkolaborasi, Wali Kota Andi Harun: Banyak Senior yang Berikan Perubahan dan Kemajuan

oleh -
Wali Kota Samarinda, Andi Harun menghadiri secara langsung pembukaan Training Raya tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Samarinda.

PUBLIKKALTIM.COM – Pembukaan Training Raya tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Samarinda turut dihadiri Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Kegiatan itu berlangsung di Gedung Aula Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Minggu (11/6/2023) malam.

Dalam sambutannya, Andi Harun mengatakan bahwa Training Raya yang dilakukan HMI Samarinda merupakan estafet kepemimpinan di masa yang akan datang, sehingga ke depannya bisa melahirkan toko bangsa berasal dari kader hijau hitam tersebut.

“Telah banyak senior-senior yang memberikan perubahan dan kemajuan, salah satunya Nurcholish Madjid atau Cak Nur yang telah menginspirasi semua kegiatan kemahasiswaan di seluruh Indonesia,” kata Andi Harun saat berikan sambutan.

Menurutnya, HMI harus mengingat potensi yang dimiliki sehingga mampu menyambut tantangan yang semakin besar di masa depan.

“Kita tahu saat ini kita berada di era disrupsi dengan perubahan yang sangat cepat, Kita tidak boleh terpaku hanya pada kebesaran-kebesaran masa lalu, mengingat potensi yang dimiliki segenap kader HMI,” ujarnya.

Di level Nasional juga, kata Andi Harun, banyak kader HMI telah duduk di posisi penting dalam lembaga negara ini, Akbar Tandjung mantan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga pada periode 1988-1993 salah satunya.

“Ada juga yang lagi top yakni Mahfud MD. Sampai-sampai beliau dianugerahi Duta Bangsa keterbukaan informasi publik. Yang dipraktekkan beliau adalah model baru dalam mengungkapkan praktek nakal dalam badan aparatur Negara,” ungkapnya.

BERITA LAINNYA :  Guru Tak Masuk CPNS Mulai 2021, PGRI Anggap Itu Diskriminatif dan Akan Surati Pemerintah

Di Kota Samarinda sendiri, dalam konteks berkebangsaan peran mahasiswa juga dapat terlihat, termasuk mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam.

Kata Andi Harun tujuan HMI adalah mencetak kader yang bertanggungjawab untuk terlibat dalam berbagai bidang, seperti organisasi politik.

“Keberadaan dan kiprah para kader organisasi ini sudah sedemikian nyata. Oleh karena itu, saya yakin kader HMI lebih dari siap untuk menyambut tongkat estafet kepemimpinan, yang loyal kepada masyarakat,” sebut Andi Harun.

Ia berharap agar HMI juga dapat berkolaborasi dalam berbagai agenda pembangunan daerah di Kota Samarinda.

“HMI diharapkan juga harus berkolaborasi dalam berbagai agenda penting pembangunan, termasuk dalam mendukung agenda prioritas Pemerintah Kota Samarinda,” Pungkasnya. (*)