Dukung Pemkot Ingin Mengelola Maskapai Penerbangan Sendiri, DPRD Samarinda Beri Beberapa Catatan Penting

oleh -
Ketua Bapemperda DPRD Samarinda, Abdul Rofik

PUBLIKKALTIM.COM, SAMARINDA – DPRD Samarinda buka suara terkait rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda ingin mengelola maskapai penerbangan sendiri.

Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Abdul Rofik, menilai wacana Pemkot Samarinda itu merupakan inovasi yang bagus.

banner Pemkot

Ia pun mendukung rencana Pemkot tersebut.

“Pemerintah daerah ini kalau memiliki maskapai atau inovasi yang bagus, saya kira setuju-setuju saja,” kata Rofik, Sabtu (21/5/2022).

Meskipun demikian, Rofik memberi beberapa catatan penting terkait pengelolaan manajemen.

Sebagai contoh, sejarah Pemprov Kaltim membangun Kaltim Airlines operasionalnya terganjal persyaratan wajib hingga tak memenuhi standar penerbangan.

“Pengalaman pemprov ketika dilakukan bukan pada ahlinya, jamannya pak Awang, itu yang maskapai Kaltim Airlines. Artinya itu jangan lagi terulang. Dipikirkan lagi matang-matang, karena kita berbisnis tidak harus ujug-ujug, perlu analisa,” ujarnya.

Rofik menjelaskan, adapun analisa yang dimaksud yakni penelitian yang menilai kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman atau analisis (SWOT) terhadap rencana bisnis yang bakal dikembangkan.

BERITA LAINNYA :  Perusahaan Media STV Tunggak Iuran BPJS Ketenagakerjaan, Kejari Samarinda Segera Tindak Lanjuti

Jangan pula, ditegaskan oleh Rofik bisnis yang akan dijalankan itu terlalu menggerus dana APBD Kota Samarinda.

“Seperti kenapa harus bisnis itu, tidak yang lain, kemudian modalnya ada tidak. Jangan sampai kita ini diberdaya orang-orang luar, yang mengakibatkan APBD kita tergerus. Tetapi jika tidak menggunakan APBD, bahkan untung dari segi fasilitas, maka kita mendukung penuh,” pungkasnya. (Advertorial)