Gantikan Bambang Susantono, Basuki Bakal Fokus Dua Masalah Utama dalam Pembangunan IKN

oleh -
oleh
Presiden Jokowi menunjuk Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN/HO

PUBLIKKALTIM.COM – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan Pengunduran diri Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selain Bambang, Dhony Rahajoe juga mundur sebagai wakil kepala otoritas IKN.

“Presiden menerima pengunduran diri dari Bapak Dhony Rahajoe dan pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono sebagai kepala OIKN,” ujar Pratikno, Senin (3/6/2024).

Usai pengunduran diri dua tokoh itu, Presiden Jokowi menunjuk Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Raja Juli Antoni sebagai Plt wakil kepala Otorita IKN.

Dalam kesempatan itu, Basuki Hadimuljono membongkar dua masalah utama dalam pembangunan IKN Nusantara yakni pertanahan dan investasi.

“Program ini permasalahannya adalah di tanah dan investasi. Jadi kenapa beliau (Raja Juli) dipilih sebagai wakil kepala IKN, karena ini menyangkut status tanah,” ungkap Basuki, Senin (3/6/2024).

Ia menjelaskan dengan adanya kejelasan status tanah ini, Jokowi berharap para investor tidak ragu-ragu lagi menanamkan modalnya di IKN.

BERITA LAINNYA :  Presiden Jokowi Dijadwalkan Kembali Kunjungi IKN Pada Agustus Mendatang, Hadi Mulyadi: untuk Lakukan Groundbreaking 

Hal ini juga berhubungan dengan fokus masalah kedua yakni menggaet investor.

“Karena status tanahnya akan lebih jelas, mereka juga akan lebih jelas status hukumnya sebagai investor di IKN. Itulah fokus utama di dalam kami mengemban tugas sebagai Plt kepala dan wakil kepala IKN ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Bambang Susantono dilantik langsung oleh Presiden Jokowi sebagai Kepala Otorita IKN pada Maret 2022, kemudian ia Pengunduran diri Juni 2024. (*)