Jadi Keynote Speaker Seminar Pembangunan Berbasis Smart City, Ini Kata Wali Kota Andi Harun

oleh -
oleh
Wali Kota Samarinda Andi Harun saat menjadi keynote speaker pada Seminar Pembangunan Berbasis Smart City sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN)/IST

PUBLIKKALTIM.COM – Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) menggelar seminar Pembangunan Berbasis Smart City sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) di Ruang Rapat Gedung Jendral Sudirman UMKT, Jalan Juanda pada Selasa (9/1/2023).

Dalam seminar itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun hadir menjadi keynote speaker.

Dalam paparannya, Andi Harun menyampaikan pentingnya setiap kota yang akan menjadi penyangga IKN untuk bertransformasi menjadi smart city termasuk Samarinda.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Samarinda telah bergerak menjadi kota pintar.

Dimana banyak program pembangunan yang digagasnya memanfaatkan kemajuan teknologi yang berkembang.

“Semua kota harus mampu mentransformasikan dirinya menjadi kota pintar smart city, dan Samarinda menjadi bagian dari itu dan kita memulai dengan kekuatan kita sendiri kita mulai dengan tangan kita sendiri,” katanya.

Salah satu program pembangunan yang saat ini dikerjakan oleh Pemkot Samarinda adalah Teras Samarinda.

Dimana fasilitas publik di kawasan Taman Samarinda akan menggunakan berbagai inovasi kota modern.

Untuk diketahui, tahun ini pembangunan Teras Samarinda akan memasuki tahap kedua dari 5 tahap yang direncanakan.

“Teras Samarinda itu dibangun dalam 4 tahap bahkan mungkin sampai 5 tahap dan tahun ini masuk ke tahap kedua. Mulai dari depan Bank BTN sampai depan Kantor Gubernur tahap kedua kantor Gubernur ke Pelabuhan,”

BERITA LAINNYA :  Kampung Bahasa Hadir di Samarinda, Uji Coba Digelar di Kelurahan Makroman

Disamping itu, Andi Harun juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan pembangunan Pasar Pagi menjadi pasar pintar dengan teknologi modern.

Nanti semua aplikasi layanan yang ada di dalam pasar termasuk sarana dan prasarana masyarakat juga akan diwujudkan berbasis teknologi.

Sejalan dengan cita-citanya, Andi Harun menjadikan Samarinda menjadi smart city, saat ini Samarinda telah menjadi bagian dari organisasi kota dunia. Dimana dirinya menjadi bagian dari pengurus eksekutif wali kota dunia.

“Samarinda yang kita cita-citakan sebagai smart city dan Samarinda hari ini telah resmi masuk menjadi organisasi kota dunia. Dan saya menjadi salah satu pengurus executive wali kota dunia yang baru saja ditetapkan di Yiwu China,” pungkasnya. (*)