Kirim 6 Ribu Paket ke Mahulu, Pj Gubernur Akmal Malik Minta BPBD Terus Monitoring Ketinggian Air

oleh -
oleh
Pengiriman bantuan untuk korban banjir di Mahulu/IST

PUBLIKKALTIM.COM – Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik mengirim 6 ribu paket bantuan ke Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) untuk membantu korban banjir.

Ia mengatakan kalau 6 ribu paket bantuan untuk korban banjir itu telah dikirim pada Kamis (16/5/2024) kemarin.

Saat ini, ribuan paket bantuan bagi warga Mahulu itu sedang dalam perjalanan dan telah memasuki wilayah Kutai Barat.

“Saya sudah perintahkan Kepala Pelaksana BPBD untuk segera melakukan konsolidasi bantuan-bantuan ke Mahulu,” kata Akmal Malik, Jumat (17/5/2024).

Selain bantuan berupa ribuan paket sembako, obat-obatan dan sejumlah alat kesehatan, Pj Gubernur Akmal Malik pasalnya juga meminta instansi terkait juga menyediakan perahu evakuasi dan tenda bagi para pengunsi.

“Saya minta posko segera dibuat di banyak warga terdampak dan sekaligus untuk memonitor ketinggian air dari hulu sungai,” perintah Akmal.

Kiriman bantuan tersebut disalurkan dan dilaksanakan oleh Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas, dan organisasi lainnya.

BERITA LAINNYA :  Viral Video Syur Pelajar SMA di Lombok Timur, Pihak Sekolah Dipanggil Polisi

Selain sembako, bantuan juga termasuk tenda keluarga portable, family kit, kids ware, selimut, dan lainnya, dengan total bantuan dari APBN senilai Rp273,37 juta.

Bantuan nantinya akan langsung diterima oleh Dinas Sosial Mahulu di Kecamatan Ujoh Bilang. Untuk total bantuan yang disalurkan berasal dari APBD Kaltim dan APBN, mencakup berbagai kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, kue kaleng, mie instan, minyak goreng, dan susu kaleng.

Dengan kondisi medan yang berat, Akmal menegaskan pentingnya kecepatan dalam penyaluran bantuan untuk memastikan kebutuhan dasar para korban banjir terpenuhi segera. (*)