Launching Kampung Zakat Muang Dalam, Wali Kota Andi Harun: Entaskan Kemiskinan yang Berbasis pada Daerah 3T

oleh -
Wali Kota Samarinda Andi Harun melaunching program Kampung Zakat Muang Dalam, Rabu (9/8/2023)/Foto: Diskominfo Samarinda

PUBLIKKALTIM.COM – Guna menuntaskan kemiskinan di Kota Tepian, Wali Kota Samarinda Andi Harun melaunching program Kampung Zakat Muang Dalam.

Program tersebut diinisiasi Pemkot Samarinda bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  Samarinda.

Launching Kampung Zakat Muang Dalam ini digelar di masjid Darul Uqomah RT 33 Kampung Muang Dalam kelurahan Lempake kecamatan Samarinda Utara, Rabu (9/8/2023).

“Kampung Zakat ini salah satu upaya kita pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan yang berbasis pada daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T), melalui optimalisasi dana zakat yang telah dihimpun umat Islam,” ujar Andi Harun dalam sambutannya.

Ia mengatakan tujuan utama program ini, tentu bukan hanya sekadar membantu kebutuhan pokok masyarakat miskin saja, melainkan untuk meningkatkan roda perekonomian agar dapat mencapai taraf hidup yang sejahtera.

Selain itu, lanjutnya, kampung zakat tersebut untuk menumbuhkan motivasi dan kesadaran masyarakat dalam pengumpulan zakat, infaq dan sedekah (ZIS).

Tiga hal tersebut juga dinilai bisa berdampak pada pembangunan dan peningkatan kemaslahatan umat.

“Salah satu upaya dalam kampung zakat adalah dengan pendayagunaan zakat melalui usaha-usaha produktif,” jelas Andi Harun.

Andi Harun mengatakan potensi zakat merupakan potensi besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga jika mampu dikelola dengan efektif maka akan berkontribusi kepada pengentasan kemiskinan dan alat sosial untuk mengatasi masalah-masalah di kampung tersebut.

BERITA LAINNYA :  Salurkan Minyak Curah di Kelurahan Lempake, Wali Kota Andi Harun Ikut Layani Masyarakat

“Harapan kami, pencanangan kampung zakat ini bisa menyebar di Samarinda. Dengan kata lain, kita proyeksikan ZIS menjadi triger untuk melakukan pengentasan kemiskinan , pemberdayaan ekonomi masyarakat, sehingga antara program pemerintah dengan program zakat, bersinergi dalam rangka membantu dan memberikan kemaslahatan kepada masyarakat,” ucap Andi Harun.

Ia juga menginstruksikan kepada Lurah dan Camat agar bersinergi dan berkolaborasi dengan Baznas Kota Samarinda untuk mengakomodir dan memfasilitasi supaya tujuan dari program kampung zakat ini dapat tercapai.

“Harapannya semoga program ini dapat menjadi trigger agar bisa diikuti oleh Kelurahan atau Kecamatan lainnya di Kota Samarinda,” pungkasnya. (*)