Pansus IP DPRD Kaltim Bakal Sidak Perusahaan Tambang dari Paser hingga Kutim

oleh -
TAMBANG - Ilustrasi lokasi tambang / Foto: Handout JATAM

PUBLIKKALTIM.COM, SAMARINDA – Pansus Investigasi Pertambangan (IP) DPRD Kaltim, mulai bergerak melakukan peninjauan lapangan.

Muhammad Udin, Wakil Ketua Pansus IP, mengungkap pihaknya menjadwalkan sidak ke beberapa perusahaan tambang di Kaltim, terkait penyaluran CSR dan Jamrek.

Sidak digelar sejak Kamis (24/11/2022) hingga Sabtu (26/11/2022) kemarin.

“Kami terbagi dua tim, satu sidak di Paser dan PPU, dan tim kedua menangani sidak di Bontang dan Kutim,” kata Udin, Rabu (23/11/2022).

“Ada beberapa perusahaan tambang yang akan kami sidak, berkaitan dengan CSRnya, kemana alur dan distribusi CSR mereka,” lanjutnya.

M. Udin menjelaskan dalam sidak itu pihaknya akan meminta data penyaluran CSR kepada masyarakat selama tiga tahun sebelum peralihan kewenangan ke pusat, dan data CSR hingga saat ini.

BERITA LAINNYA :  Komisi III DPRD Kaltim Berharap Pemprov Segera Perhatikan Jalan Penghubung Jembatan Pulau Balang

Untuk daerah PPU dan Paser, Pansus akan menyidak PT Kideco dan Penajam Prima Coal. Sementara untuk Bontang PT Indominco, Kutim ada PT KPC dan Indexim.

“Mereka perusahaan terbesar yang berkontribusi untuk masyarkat. Artinya yang kami lihat dari kegiatan CSR ini yang besar-besar dulu. Yang lain juga akan kita sidak juga, Berau dan Kukar,” tegasnya. (*)