Pemancing di PPU Dinyatakan Hilang, Proses Pencarian Tengah Berlangsung

oleh -
oleh
Tim SAR Gabungan saat melakukan upaya pencarian pemancing bernama Tumaji yang disebut menghilang setelah dua hari memancing. (IST)

PUBLIKKALTIM.COM – Gegara dua hari tak kunjung pulang, seorang pemancing bernama Tumaji (41) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dinyatakan hilang dan kini dalam pencarian Tim SAR Gabungan.

Diinformasikan pencarian terhadap pemancing itu dilakukan Tim SAR pada Sabtu (27/5/2023) hari ini. Tepatnya di area anak Sungai Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

Dijelaskan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Melkianus Kotta dalam keterangan, kalau upaya pencarian dilakukan dengan membagi dua tim sejak pukul 07.00 Wita pagi dari.

“Pukul 07.00 Wita, Tim SAR Gabungan melaksanakan Briefing Operasi SAR H.3. SRU (tim pencari) dibagi menjadi dua,” jelas Melkianus, Sabtu (27/5/2023).

Dirincikannya, tim pencarian pertama melakukan penyisiran ke arah timur dari titik terakhir korban terlihat sejauh 8 kilometer.

Upaya pencarian tim pertama menggunakan kapal jenis rubber boat Basarnas. Dengan menggunakan kapal sejenis, tim pencarian kedua juga dibagi menyisir sejauh 8 kilometer.

“Tim dibagi menjadi dua dan melakukan pencarian sejauh 8 kilometer,” tambahnya.

Sebelumnya, Tumaji yang beralamat di Jalan Loa Haur RT 22, Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara itu dikabarkan pertama kali berpamitan memancing pada Kamis (25/5/2023) pukul 06.45 Wita lalu.

Kronologis kejadian itu dilaporkan, Sabtu (20/5/2023) Pukul 17:30 Wita, Tumaji yang berdomisili di Perumahan PT Agro Indomas, RT 05, Kelurahan Pemaluan, berangkat sendiri dengan menggunakan motor untuk memancing di Blok C21 PT Agro Indomas.

BERITA LAINNYA :  Mahasiswa Asal PPU Nekat Gantung Diri di Samarinda, Diduga Akibat Stress Tak Lulus Kuliah

Karena belum kembali ke rumah sampai hari Senin, 22 Mei 2023. Istri Tumaji meminta bantuan sekuriti PT Agro Indomas untuk membantu mencari Tumaji.

“Pada saat sekuriti mencari ke area Blok C21 PT Agro Indomas, didapati barang-barang dan motor yang dipakai Tumaji, tetapi Tumaji tidak berada di lokasi tersebut,” jelas Melkianus dalam keterangannya sesaat setelah menerima laporan tersebut.

Sejumlah unsur ambil bagian dalam pencarian terhadap Tumaji, di antaranya Tim Rescue KPP Balikpapan, BPBD PPU, Polsek Sepaku, Pospol Maridan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah Pemaluan, Manajemen PT Agro Indomas, RAPI Sepaku, Relawan, dan keluarga korban.

Hingga berita ini diturunkan Tim SAR Gabungan masih terus berupaya melalukan pencarian terhadap pemancing bernama Tumaji yang hingga kini dikabarkan menghilang. (*)