Pemkot Samarinda Buka Khitanan Massal Gratis, Diikuti 100 Orang Anak

oleh -
Suasana Khitanan Massal yang digelar Pemkot Samarinda/IST

PUBLIKKALTIM.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Samarinda, Hero Mardanus Satyawan, secara resmi membuka acara Khitanan Massal Gratis bagi keluarga ASN/Non-ASN di lingkungan Pemkot Samarinda.

Acara ini berlangsung di Anjungan Karanmumus Balaikota Samarinda, Jalan Kusuma Bangsa, pada Sabtu (30/3/2024).

Dalam sambutan tertulis Wali Kota Samarinda Andi Harun yang dibacakan oleh Hero Mardanus, bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk memperhatikan kesehatan dan kebersihan, termasuk dengan melakukan khitan.

“Khitan atau sunat merupakan proses memotong kulit yang menutup ujung kemaluan laki-laki, bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan alat kelamin,” kata Hero Mardanus.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan perintah pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS, dan selain sebagai syarat sahnya ibadah sholat, khitan juga merupakan bukti ketaatan umat dalam menjalankan ajaran agamanya serta memiliki manfaat medis dalam mencegah penyakit.

“Pentingnya menjadikan perilaku bersih dan sehat sebagai kewajiban bersama antara masyarakat dan pemerintah, serta mengapresiasi kegiatan khitanan massal yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus KORPRI Kota Samarinda,” ujarnya.

BERITA LAINNYA :  Tak Ada yang Berubah Divonis Banding Ferdy Sambo, Tetap Dihukum Mati

Ia mengatakan bahwa Kegiatan tersebut merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk menjalankan khitan secara gratis, terutama dengan pendekatan Bulan Ramadan yang memberikan libur bagi anak sekolah.

Sementara itu, Asisten III Pemerintah Kota Samarinda, Ali Fitri Noor, yang juga menjabat sebagai ketua panitia sunatan massal, menyatakan bahwa acara ini diikuti oleh 100 orang anak berumur di atas 10 tahun. (*)