Tak Ada Toleransi, MPR Dorong Panglima TNI Tindak Tegas OPM

oleh -
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo/detik.com

PUBLIKKALTIM.COM – Langkah Panglima TNI dalam melakukan tindakan tegas untuk memberantas Organisasi Papua Merdeka (OPM) mendapat dukungan dari Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo.

Ia mengatakan tak ada toleransi terhadap para kelompok separatis, teroris ataupun OPM untuk meneror serta melakukan aksi kejahatan

“Tidak boleh ada lagi toleransi terhadap para kelompok separatis, teroris ataupun OPM untuk meneror serta melakukan aksi kejahatan hingga menimbulkan korban jiwa,” ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu, dikutip dari Antara, Sabtu (14/4/2024).

Menurutnya, aksi OPM sangat membahayakan lantaran kerap menyerang warga Papua dari mulai masyarakat sipil, guru, tenaga kesehatan bahkan hingga aparat TNI dan Polri.

“Tindakan tegas pun perlu dilakukan aparat demi menunjukkan bahwa negara tidak akan kalah dengan kelompok separatis yang skalanya lebih kecil dari TNI dan Polri itu,” ungkapnya.

BERITA LAINNYA :  Vaksinasi Covid-19 Lansia dan Anak Terus Digencarkan, Wakil Wali Kota Samarinda Sampaikan Apresiasi untuk TNI-Polri

Dia menilai tidak hanya itu, tindakan tegas dari TNI dan Polri harus ditunjukkan demi melindungi masyarakat yang ada di sana.

Di samping dengan penindakan tegas, Bamsoet juga mendukung pemerintah melalui pendekatan non senjata untuk meredam aksi anarkis OPM.

Pendekatan itu bisa dilakukan melalui tokoh agama, tokoh adat dan kepala daerah setempat.

Dengan upaya penindakan tegas dan pendekatan humanis yang beriringan, Bamsoet berharap aksi OPM yang meresahkan bisa secepatnya diredam. (*)