Tinjau Seksi 1 dan Seksi 5 Tol Balsam, Pemprov Temukan 23 Lokasi Pagar Pengaman Tol Dalam Kondisi Rusak

oleh -6 views
Tinjauan lapangan Pemprov Kaltim melihat beton pembatas jalur Tol Balsam dibongkar warga/ IST

PUBLIKKALTIM.COM, SAMARINDA – Seksi 1 dan Seksi 5 Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) telah memasuki progres pengerjaan akhir.

Pada Seksi 1 saat ini dilakukan penanganan penurunan tanah di jalur tol. Sementara di Seksi 5 terdapat longsoran jalur. Keduanya telah ditangani oleh pihak kontraktor.

Rencananya, April 2021 mendatang akan dilakukan serah terima Semsi 1 dan Seksi 5 dari kontraktor ke pemerintah pusat.

Isran Noor, Gubernur Kaltim menyebut pihaknya optimis Tol Balsam akan beroperasi seluruhnya di pertengahan 2021 ini.

“Tol Balsam sudah beroperasi tapi tidak 100 persen. Insya Allah dioperasikan seluruhnya dalam waktu dekat,” kata Isran, Selasa (23/2/2021) kemarin.

Memastikan progres pengerjaan di lapangan, Pemprov Kaltim melakukan kunjungan ke Seksi 1 dan Seksi 5.

Fadjar Djojoadikusumo,  Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim mengungkap, selain melihat perkembangan pembangunan tol, pihaknya juga melakukan sidak ke beberapa titik ditemukan pagar tol dibongkar warga.

Dirinya mengungkap hampir seluruh titik pagar rusak, berada dekat permukiman warga.

BERITA LAINNYA :  Kabar Baik,Tahun 2021 Kemenpan RB Wacanakan Pengangkatan Tenaga Honorer Jadi PNS

“Peninjauan dilakukan untuk menginventaris titik batas jalan yang dibongkar, termasuk alasan dan rencana ke depannya termasuk perbaikan pembatas yang rusak,” ungkap Fadjar.

Dari hasil penelusuran di Seksi 1 dan Seksi 5, sedikitnya ada 23 lokasi batas tol berupa kawat berduri, beton dan pagar besi yang dibongkar warga.

Lokasi pembongkaran umumnya untuk jalan warga menuju pemukiman maupun kebun.

“Agar saat ruas tol Samboja-Balikpapan difungsikan, semua sudah aman dan tidak ada lagi aktivitas masyarakat di ruas tol ini,” tegasnya Fadjar.

Peninjauan yang melibatkan Polda Kaltim, Pemkab Kukar, Pemkot Balikpapan, Camat, Badan Pengelola Tol Samarinda – Balikpapan, BPJN dan Jasa Marga serta Satpol PP. (*)