Upaya Optimalisasi Penanganan Banjir di Kota Tepian, Simak Langkah yang Diambil Pemkot Samarinda

oleh -
Wali Kota Samarinda, Andi Harun/IST

PUBLIKKALTIM.COM – Pemkot Samarinda telah mengambil langkah-langkah penting sebagai upaya optimalisasi penanganan banjir di Kota Tepian.

Salah satunya Pemkot Samarinda memfokuskan pembangunan pada pemeliharaan infrastruktur jalan serta pemberian pelayanan dalam pengujian kendaraan bermotor.

Tidak hanya itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun mengatakan bahwa pemerintah juga berupaya meningkatkan kompetensi ASN (Aparatur Sipil Negara) guna mengatasi persoalan tersebut.

Sebagai bagian dari strategi tersebut, pada 2023 lalu, Pemkot Samarinda membentuk empat Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) baru, yaitu:

1. UPTD Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

2. UPTD Pemeliharaan Saluran Drainase dan Irigasi

3. UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor

4. UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai

“Dengan dibentuknya keempat UPTD baru tersebut, merupakan langkah konkret dari pemerintah Kota Samarinda dalam menjalankan tugas pemerintahan, melayani masyarakat, serta mempercepat pembangunan di wilayah tersebut,” jelasnya.

BERITA LAINNYA :  Bahas Peta Tematik Pertanahan dan Ruang, Wali Kota Andi Harun Targetkan Rampung Tahun Ini

Langkah ini juga menjadi bukti nyata dari komitmen pemerintah dalam mengatasi masalah banjir dan meningkatkan kualitas infrastruktur serta pelayanan publik bagi warga Samarinda.

Pembentukan UPTD baru ini juga diharapkan dapat memperkuat sinergi antara berbagai pihak terkait dalam penanganan banjir dan masalah lingkungan lainnya di Samarinda.

Dengan adanya UPTD yang lebih terfokus, diharapkan penanganan masalah-masalah tersebut dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien. (Adv)