Longsor di Pemukiman Warga Kelurahan Sidomulyo, BPBD Samarinda Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban

oleh -10 views
Bangunan rumah warga dan musala yang terdampak longsor pada Rabu (15/9/2021) pagi/ Diksi.co

PUBLIKKALTIM.COM, SAMARINDA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda turunkan bantuan sembako untuk korban tanah longsor di Jalan Jelawat, Gang 9 15B, RT 06 dan RT 38, Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir.

Plt. Kepala BPBD Kota Samarinda Hambali mengatakan, bantuan tersebut diberikan untuk 19 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban dalam musibah alam tersebut.

“Dari pemerintah kota sudah kita salurkan bantuan sembako 20 paket untuk keluarga yang terdampak KK,” ungkapnya.

Lanjut Hambali, BPBD Kota Samarinda bersama TNI-Polri, PMK, TAGANA dan Relawan telah melakukan tindakan penanganan awal.

“Kita sudah identifikasi lokasi. Tapi dari penelusuran alat berat tidak bisa masuk. Makanya kami minta warga untuk bersama-sama melakukan pembersihan,” ujarnya.

Dijelaskan Hambali, kronologi kejadian bermula dari lamanya kawasan tersebut diguyur hujan perlahan tanah di pemukiman warga perlahan bergeser hingga mengakibatkan 6 rumah, 1 rumah bangsal dan 1 musala ambruk.

BERITA LAINNYA :  Yakinkan publik walau positif covid-19, Andrea : Aku bisa melewati semua

Berdasarkan laporan warga, BPBD sejak pagi hari telah turun untuk melakukan evakuasi terhadap korban longsor.

“Laporan sudah masuk ke pemerintah. Jadi sementara kita lakukan evakuasi ke tempat-tempat lebih aman. Kita juga akan terus berkoordinasi dengan PUPR bagaimana untuk melakukan penanganan lanjutan di lokasi kejadian,” pungkasnya. (*)