Meski Belum Dikirim, Pemkot Balikpapan Sudah Siapkan Tempat Penyimpan Vaksin Corona

oleh -11 views
Ilustrasi Vaksin Corona. (ayosemarang.com)

PUBLIKKALTIM.COM, BALIKPAPAN – Kasus harian Covid-19 masih terus terjadi secara fluktuatif menurut data harian tim Satgas Covid-19 Kota Balikpapan.

Pemkot Balikpapan telah menyiapkan tempat untuk penyimpanan vaksin Covid-19, walaupun Pemerintah Pusat belum mendistribusikan ke daerah-daerah.

Endah Rahmawati Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Kota Balikpapan, mengatakan pihaknya siap menyiapkan tempat penyimpanan vaksin dengan 8 chiller dengan suhu dan kapasitas yang telah ditentukan.

“Untuk persiapan penyimpanan vaksin di UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan ini kami siap dengan 8 chiller,” kata Endah.

“Total muatan 1060 liter, penyimpanan dalam suhu 2-8 derajat celcius,” lanjutnya.

Sementara untuk penyimpanan vaksin jangka panjang, pihaknya akan menyiapkan suhu yang lebih rendah agar penyimpanan vaksin tetap awet dalam chiller tersebut.

“Tetapi untuk penyimpanan jangka panjang pada suhu minus 20 derajat celcius,” katanya.

Vaksin Covid-19 yang disimpan pada tempat ini akan dijaga secara berkala mulai dari pengaturan suhu hingga pendistribusian ke  Puskesmas yang di Kota Balikpapan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP)  yang ada.

“Untuk distribusi kami sudah punya SOP pengantaran ke puskesmas, kami sudah punya estimasi waktu dan suhu yang akan diperoleh saat penyerahan ke puskesmas,” paparnya.

Walaupun Pemkot Balikpapan telah menyiapkan tempat untuk penyimpanan vaksin Covid-19, Pemerintah Pusat belum mengumumkan secara resmi kapan dan berapa jumlah vaksin yang akan dikirim ke Kalimantan Timur. (*)