Susun Daftar Pemilih Sementara, KPU Samarinda Pastikan Pemilih 2024 Alami Peningkatan 

oleh -
Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat/ IST
Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat/ IST

PUBLIKKALTIM.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda, saat ini melaksanakan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Firman Hidayat, Ketua KPU Samarinda, mengungkap data DPHP ini menjadi acuan penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2024.

“Ketika DPS sudah diumumkan nanti kita sampaikan di masing-masing kelurahan untuk menerima masukan dari masyarakat bagi mereka yang belum terdaftar, untuk mendaftar di kelurahan,” kata Firman Hidayat, Minggu (2/4/2023).

Firman menjelaskan hasil pemuktahiran data pemilih yang digelar beberapa waktu lalu, Samarinda sesuai Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) berjumlah sekitar 608. 963 pemilih.

“Hasil pemuktahiran ini kemungkinan berkurang menjadi sekitar 607 ribu pemilih,” jelasnya.

BERITA LAINNYA :  Verifikasi Faktual Paslon Perseorangan, KPU Samarinda Lakukan Pengecekan Langsung ke Warga yang Sudah Kumpul KTP Dukungan

Melihat Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada Pemilu 2019 lalu sebesar 560 ribu pemilih, maka dipastikan daftar pemilih untuk 2024 akan mengalami peningkatan.

“Nanti menunggu hasil pleno di tingkat kota berapa jumlah DPHP serta berapa jumlah DPS Samarinda,” tegasnya. (*)