Hadiri Undangan Petani di Kelurahan Lempake, Wali Kota Andi Harun Turun ke Area Sawah Tanam Padi Bersama Petani

oleh -
Wali Kota Samarinda, Andi Harun lakukan penanaman bibit padi bersama para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani WKPP Girirejo, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Rabu (13/7/2022).

PUBLIKKALTIM.COM, SAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun lakukan penanaman bibit padi bersama para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani WKPP Girirejo, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Rabu (13/7/2022).

Pada kegiatan tersebut hadir pula Anggota Komisi I DPRD Samarinda, Andi Muhammad Afif Rayhan Harun.

Andi Harun tampak tidak canggung turun ke area sawah milik para petani untuk menanam padi bersama.

Usai kegiatan, Andi Harun menyampaikan bahwa kehadirannya di desa Girirejo, Lempake dalam menghadiri undangan petani.

Ia mendapat laporan bahwa lebih kurang luas lahan pertanian di desa tersebut mencapai 300 hektare.

Namun para petani meminta kepada pemerintah agar dapat menjamin perlindungan proteksi terhadap pertanian warga.

Permintaan warga ini pun dipastikan wali kota dapat dipenuhi. Sebab, kawasan lahan pertanian Girirejo telah masuk dalam kawasan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

“Untuk lokasi disini kita pastikan tidak akan mengeluarkan izin pembangunan gedung karena sudah masuk LP2B dan apabila ada yang nekat membangun dipastikan itu adalah ilegal karena tidak memiliki izin,” tegas Andi Harun.

Selain memastikan keamanan lahan pertanian, Andi Harun juga menjawab permintaan warga mengenai Infrastuktur penunjang pertanian seperti aliran irigasi yang rusak akibat diterjang banjir. Hal itu pula yang menyebabkan gagal panen beberapa tahun lalu.

BERITA LAINNYA :  Serahkan Bantuan Alat Pasca Panen Komoditi Perkebunan, Andi Harun Berharap Produktivitas Petani Dapat Meningkat

“Tadi saya sudah perintahkan Kepala Dinas Pertanian untuk segera diusulkan perencanaan perbaikannya. Berikutnya adalah jalan usaha tani kedepan akan kita bantu pada APBD 2023 untuk peningkatan jalan,” ungkapnya.

Andi Harun menambahkan, lebih dari segala apa yang telah dilakukan oleh kelompok tani adalah bentuk nyata pelaksanaan yang telah diarahkan oleh Presiden RI untuk terus memperkokoh ketahanan pangan.

Apalagi, lanjutnya, dengan situasi global baik karena pandemi maupun isu dunia dengan ancaman krisis pangan, Samarinda harus bersyukur memiliki lahan yang berlimpah.

“Kita berterima kasih kepada warga yang terus berkontribusi, konsisten dan kokoh di dalam sektor ketahanan pangan,” ucapnya.

“Saya berharap kepada siapapun mari bersama-sama menjaga, karena ini tidak hanya untuk kepentingan warga Girirejo dan petani tapi ini juga untuk kepentingan kita bersama seluruh warga Samarinda,” pungkasnya. (*)