Perkuat Nilai-nilai Pancasila, DPRD Kaltim Gelar Bimtek di Jakarta

oleh -
oleh
DPRD Kaltim Gelar Bimtek di Jakarta/IST

PUBLIKKALTIM.COM – Kamis (14/9/2023), DPRD Kaltim gandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Respati Indonesia menggelar bimbingan teknis (bimtek) di Jakarta.

Bimtek itu berlangsung 14-17 September 2023 dengan menghadirkan narasumber profesional di bidangnya.

Seperti Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo, Tenaga Profesional Bidang Geopolitik dan Wawasan Kebangsaan, Lembaga Ketahanan Nasional Mayjen TNI (Purn) E. Imam Maksudi, dan Dewan Pakar BPIP RI Jarmansjah Djumala, Ketua Dewan Pembina Revolusi Mental KPKBI Ermaya Suradinata.

Adapun tema yang diusung dalam bimtek kali ini yakni  ‘Peran DPRD dalam Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila”.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan, bimtek merupakan agenda tahunan dalam rangka menambah sumber pengetahuan guna memperkuat fungsi dan tugas DPRD.

Ia juga menambahkan, bahwa DPRD Kaltim saat ini telah menyusun Rancangan Peraturan Daerah tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan sebagai bentuk konsen dan kepedulian terhadap penanaman nilai-nilai luhur Pancasila khususnya kepada generasi muda.

BERITA LAINNYA :  Kasus Penemuan Mayat di Gudang Kimia Farma Samarinda, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan 

“Pelajaran tentang Pancasila dan wawasan kebangsaan masih minim sebab itu perlu peran seluruh pihak termasuk DPRD untuk mengambil peran dalam melakukan pembinaan dan penyebarluasannya,” jelasnya.

Sementara itu, Mayjen TNI (Purn) E. Imam Maksudi menyebutkan berbagai tantangan dalam upaya baik disadari maupun tidak disadari dapat memecah belah persatuan yaitu egoisme.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada generasi muda untuk lebih mengedepankan persatuan dan mulai penanaman nilai-nilai luhur Pancasila.

“Birokrasi menjadi panjang karena tidak mau mengalahkan ego sendiri. Dalam satu instansi saja antar bagian masih saling ego,” pungkasnya. (advertorial)