Wali Kota Andi Harun Tawarkan Solusi Jangka Panjang Soal Pelayanan Air Bersih di Mugirejo

oleh -
oleh
Wali Kota Samarinda, Andi Harun/IST

PUBLIKKALTIM.COM – Rabu (24/4/2024), Wali Kota Samarinda Andi Harun melakukan audiensi bersama perwakilan warga RT. 41 Perumahan Borneo Mukti 2 dan Bumi Hijau Kelurahan Mugirejo untuk membahas pelayanan air bersih.

Audiensi tersebut berlangsung di Ruang Kerja Wali Kota Samarinda.

Dalam audiensi tersebut, Andi Harun menyampaikan bahwa solusi jangka panjang yang diusulkan adalah pembangunan booster dan pompa di Simpang Perjuangan Gerilya dari 8 inci menjadi 10 inci.

“Keputusan ini mengharuskan warga di Perumahan Borneo Mukti 2, yang diwakili oleh ketua RT 41, untuk bertanggung jawab dalam penyerahan surat tanah sebagai bahan booster,” ujar Andi Harun.

Selain itu, Dinas PUPR akan segera mempersiapkan lelang pekerjaan untuk pembangunan booster tersebut.

“Untuk jangka pendek, disepakati suplai air menggunakan air PDAM ke bak penampungan milik pengelola WTP. Metode pembayaran akan diatur bersama antara warga dan penyelenggara WTP, yang akan difasilitasi oleh Camat Sungai Pinang,” ujarnya.

BERITA LAINNYA :  Aceh Singkil Diguncang Gempa, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami

Pertemuan juga membahas teknis pengangkutan air dan armada pengangkutannya, yang akan dibicarakan setelah terjadi kesepakatan.

Koordinasi antara PDAM dan camat diharapkan agar rencana lahan pembangunan booster dapat dipermanenkan.

“Kesepakatan yang telah dicapai merupakan kabar gembira, karena air bersih adalah hak dasar yang harus dipenuhi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam pertemuan tersebut yakni Direktur Umum Perumdam Tirta Kencana, Yusfian Noor, Ketua TWAP Samarinda Syaparudin beserta anggota, Kepala Dinas Perkim Herwan Rifa’i, Camat Sungai Pinang Siti Hasanah, Dinas PUPR, dan Lurah Mugirejo, Nur Irwansyah. (adv)