Gelar Rapid Test, Ribuan Orang Petugas KPPS dan Linmas KPU Balikpapan Hasilnya Reaktif

oleh -28 views
Kepala Dinas Kesehatan kota Balikpapan Andi Sri Juliarty/HO

PUBLIKKALTIM.COM, BALIKPAPAN – Tim Satgas Covid-19 Balikpapan menemukan 1.163 orang dari petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara KPPS dan Linmas KPU Balikpapan yang hasilnya reaktif dari rapid test beberapa waktu lalu.

Sebelumnya rapid tes 13.545 orang calon KPPS dan Linmas yang diadakan oleh KPU Balikpapan ini bekerja sama dengan 8 laboratorium swasta di Kota Balikpapan.

“Rapid test calon KPPS dan Linmas ditemukan 1.031 orang atau 7,6% yang dinyatakan reaktif,” kata Kepala Dinas Kesehatan kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, saat dikonfirmasi awak media Senin (30/11/2020).

Sementara, tim satgas juga mendapat laporan hasil rapid test 1.558 orang pengawas TPS yang diadakan oleh Bawaslu Kota Balikpapan beberapa waktu lalu.

“Dari rapid test pengawas TPS ini ditemukan 132 orang atau 8% yang reaktif,” katanya.

“Total jumlah yang reaktif dari KPU dan Bawaslu adalah 1.163 orang atau 7,7%,” ujarnya.

Dengan di temukan ribuan petugasnyang hasilnya reaktif ini, pihaknya memeriksa ulang dengan metode pengambilan di vena pada 27 Puskesmas yang ada.

“Ditemukan masih ada kembali 720 orang yang reaktif, dan kita akan tindak lanjuti dengan swab, sampai sore ini masih kurang 2 kelurahan yang belum masuk datanya,” pungkasnya. (*)