IKN Resmi Akan Berpindah ke Kaltim, Wali Kota Andi Harun Dorong Warga Samarinda Tingkatkan Kualitas SDM

oleh -
Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat memimpin upacara peringatan HUT Samarinda dan HUT Pemkot Samarinda, Jumat (21/1/2022)

PUBLIKKALTIM.COM, SAMARINDA – Ibu Kota Negara (IKN) resmi akan berpindah ke Benua Etam.

Kota-kota penyangga IKN akan menghadapi persaingan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ketat.

banner Pemkot

Di Samarinda, Wali Kota Samarinda, Andi Harun meminta seluruh warga agar terus meningkatkan kualitas SDM menjelang pemindahan IKN ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal tersebut ia sampaikan saat upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Samarinda ke-354 tahun dan HUT Pemkot Samarinda ke-62 tahun, Jum’at (21/1/2022).

Menurut AH sapaan karib wali kota, Pemindahan IKN ke Kaltim ke depan akan membuat persaingan kerja semakin sulit.

Untuk itu, sebelum IKN resmi dipindahkan maka warga Samarinda harus memiliki kesadaran dan motivasi yang tinggi dalam meningkatkan kualitas SDM. Tujuannya agar warga Samarinda tidak kalah saing dengan pendatang.

“Kita warga Samarinda harus terus bersekolah untuk meningkatkan kualitas SDM, kemudian meningkatkan daya saing kita sebelum IKN dipindahkan ke Kaltim,” ungkap Andi Harun saat diwawancarai awak media.

Untuk memenangkan persaingan, kata AH, semua warga Samarinda, khususnya kaum muda atau milenial harus betul-betul mempersiapkan diri.

Sebab, ketika kompetisi itu berlangsung maka pasti akan menimbulkan sebuah tekanan.

“Jika kita mempersiapkan diri serta memiliki daya saing atas sebuah era kompetensi yang makin ketat nanti setelah IKN terbentuk, maka pasti kita bisa survive dan bahkan bisa unggul di tengah persaingan tersebut,” tuturnya.

BERITA LAINNYA :  Atasi Permasalahan Banjir di Loa Bakung, Wali Kota Andi Harun Beri Intruksi kepada Dinas PUPR Samarinda

“Karena untuk sebuah masa kompetisi itu tidak bisa terus menerus kita mengharapkan belas kasihan,” sambungnya.

Untuk mendukung hal itu, pemerintah akan terus mendesain program pembangunan SDM berbasis prototipe IKN.

Hal ini sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam membangun kualitas SDM warga Samarinda sehingga mampu dan siap untuk bersaing.

“Jadi kita harapkan masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi dalam menyambut pemindahan IKN ke Kaltim. Sehingga kita memiliki daya saing,” ucapnya.

Orang nomor satu Kota Samarinda itu juga berharap, agar di HUT Kota Samarinda dan Pemkot ini seluruh masyarakat tetap sehat dan sejahtera.

“Harapan saya warga Samarinda tetap sehat dan memiliki motivasi yang sama dalam membangun kota ini,” pungkasnya. (*)