Bentuk Kekebalan Komunal, Binda Kaltim dan Barmuda Salurkan 6.000 Dosis Vaksin kepada Warga  

oleh -
Kegiatan vaksinasi massal yang digelar oleh Binda Kaltim berkolaborasi dengan Barmuda di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Sabtu (19/3/2022)

PUBLIKKALTIM.COM ,SAMARINDA – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Timur bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Barisan Muda Daerah (Barmuda), menggelar vaksinasi tahap satu, dua, dan tiga atau booster yang berlokasi di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Jalan M Yamin, Sabtu (19/3/2022)

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kaltim Brigjen TNI Danni Koswara menyampaikan, ada sebanyak 6.000 dosis vaksin yang pada hari ini salurkan se-Kaltim.

Hal ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam membentuk kekebalan komunal di seluruh daerah di Indonesia.

“Walaupun Covid saat ini dinyatakan tidak seberbahaya Delta tetap saja efeknya ada ke masyarakat terutama bagi yang lansia (lanjut usia),” ujar Kabinda.

Mengenai capaian vaksinasi, tercatat sejak Januari hingga Maret 2022 jumlah dosis vaksin yang telah disalurkan 59.000 dosis yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Kaltim.

“Untuk daerah Samarinda saja kami sudah menyelenggarakan 15.500 ribu dosis. Termasuk booster sekarang sudah masuk,” bebernya.

Untuk target per tahun, Binda Kaltim menargetkan penyaluran vaksin mencapai 45 juta dosis.

Mengenai kendala, target 6.000 ribu dosis per hari saat ini masih sulit tercapai lantaran unsur BIN, Polri dan pemerintah bersama-sama terus menggalakkan vaksinasi massal untuk seluruh Warga Negara Indonesia.

“Memang kadang-kadang dalam satu hari tidak mencapai 6.000 ribu karena polda melaksanakan BIN melaksanakan, pemerintah daerah melaksanakan. Dan itu memang agak menyulitkan makanya kami ambil kolaborasi dengan Bermuda serta Rektor Widiyagama untuk pencapaian yang lebih,” ungkapnya.

BERITA LAINNYA :  Puncak Arus Balik Lebaran, BPBD Kaltim Akan Lakukan Pemeriksaan Secara Acak Pada Pemudik

Sementara itu melalui rilis resminya, Ketua Umum DPP Barmuda, Anderiy Syachrum mengungkapkan untuk kegiatan vaksin hari ini Bermuda membantu Binda untuk menyalurkan 2.000 dosis vaksin.

“Jenis vaksin Pfizer Dosis 1, 2 dan booster, juga ada 1000 dosis vaksin Sinovac, dosis 1 dan 2 untuk anak, dosis 2 untuk dewasa,” urainya.

Tentunya kegiatan ini terlaksana sebagai bentuk tanggung jawab DPP Barmuda untuk turut serta berkontribusi dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Anderiy Syachrum berharap kegiatan vaksinasi ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Kota Samarinda. Ia mengimbau masyarakat Kalimantan Timur khususnya masyarakat Kota Samarinda untuk tetap menjaga protokol kesehatan, walaupun penyebaran pandemi Covid-19 sudah mulai melandai.

“Jangan sampai membuat kita abai terhadap prokes,” serunya.

Sebagai bentuk pernyataan sikap, Barmuda berkomitmen untuk selalu aktif membantu kegiatan-kegiatan vaksinasi di banyak daerah.

“Dalam 5 bulan terakhir ini telah 5 Kali melaksanakan kegiatan vaksinasi dengan mendistribusikan 11.000 dosis berbagai jenis vaksin,” pungkasnya. (*)