Titik Panas di Kaltim Turun Jadi 28, BMKG Imbau Tetap Waspada

oleh -
oleh
Ilustrasi kebakaran hutan

PUBLIKKALTIM.COM – Update terbaru titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan, ada penurunan jumlah titik panas di Bumi Mulawarman.

Dari 42 pada Sabtu (30/12) kini menjadi 28 titik lokasi, pada Minggu (31/12/2023) kemarin.

Dijelaskannya, masih ada sejumlah kawasan yang tidak terjadi hujan dalam beberapa hari yang menyebabkan daun dan ranting mengering dan mudah terbakar.

“Semua pihak diimbau tetap waspada untuk mencegah adanya penambahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” imbuhnya.

Dia menjelaskan lebih rinci, sebanyak 28 titik panas itu tersebar di empat kabupaten/kota, yakni di Kota Bontang satu titik, Kabupaten Kutai Timur (20), Kutai Kartanegara (4), dan Kabupaten Berau (3).

BERITA LAINNYA :  Wakil Kaltim Tak Masuk Daftar Calon Kepala Badan Otoritas IKN, Andi Harun Ingin Bicarakan Usulan Tokoh terbaik

“Kami mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk membantu mencegah kebakaran hutan dan lahan, karena masih banyak daun dan ranting kering di lahan yang mudah terbakar,” ungkapnya.

Pencegahan yang dapat dilakukan masyarakat antara lain dengan tidak membuang puntung rokok tidak secara sembarangan.

Kemudian tidak melakukan pembakaran saat membersihkan atau membuka lahan, karena daun dan ranting kering rawan menyebarkan kebakaran lebih luas.

Ia mengatakan, informasi sebaran titik panas ini sudah disampaikan kepada pihak terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut. (*)