Dandim dan Kapolresta Samarinda Tinjau Pos Pengamanan Arus Mudik Jelang Lebaran Idulfitri

oleh -
oleh
Komandan Kodim 0901/Samarinda Kolonel Inf Yusub Dody Sandra bersama Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli saat mengecek kesiapan pos dan personel jelang pelaksanaan Idulfitri 2024. (IST)

PUBLIKKALTIM.COM – Pelaksanaan arus mudik lebaran Idulfitri 2024 saat ini diprediksi akan terjadi lonjakan di setiap daerah di nusantara.

Meski fenomena tahunan itu banyak terpusat di Jawa, namun sejumlah kota di Kalimantan, semisal Samarinda juga mengalami hal serupa.

Guna memastikan pelaksanaan arus mudik lebaran berjalan lancar, jajaran TNI-Polri kompak membangun pos pengamanan dan para pucuk pimpinan langsung melakukan pengecekan kesiapan personel dilapangan.

Seperti pengecekan lapangan yang dilakukan Komandan Kodim (Dandim) 0901/Samarinda Kolonel Inf Yusub Dody Sandra bersama Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli belum lama ini.

Dari sejumlah pos pengamanan, Dandim bersama Kapolresta Samarinda lebih berfokus ke terminal, pelabuhan dan bandara di Kota Tepian.

Ditemui di Pos Pengamanan Terpadu Bandara APT Pranoto, Kolonel Inf Yusub Dody Sandra, menjelaskan bahwa melalui patroli ini dia bersama Kapolresta Samarinda ingin melihat langsung personel yang bertugas dilapangan.

“Kami juga melihat kesiapan anggota TNI/POLRI di pos yang sudah tersebar di beberapa titik,” terangnya.

Yusub tak lupa menghimbau anggotanya selalu menjaga faktor keamanan dan kesehatan agar selalu dapat memberikan keamanan dan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Adapun rute patroli peninjauan pos lebaran pada hari ini yaitu Pos Pam Terpadu Bandara APT Pranoto dan Pos Pam Terpadu Pelabuhan Samarinda.

BERITA LAINNYA :  Kasus Curanmor di Samarinda Kembali Marak, 8 Tersangka dari Lokasi Berbeda Berhasil Diamankan Polisi

“Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan personel, serta sarana dan prasarana di Pos Pam dan Pos Yan, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama arus mudik dan arus balik Lebaran Idulfitri 1445 H. Tujuan pengecekan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat,” timpal Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli.

Selama kunjungan, Kapolresta Samarinda juga tak lupa memberi arahan kepada personel di pos untuk meningkatkan pengaturan lalu lintas di titik rawan, melakukan patroli keliling di Area Pelabuhan Samarinda, serta memberikan bantuan dan imbauan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama bagi para pemudik.

“Selain itu, personel piket Pos Pam Pelabuhan Samarinda diminta untuk menjaga kebersihan pos dan sikap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya. (*)