KKB Serang Puskesmas di Papua, Dokter dan Suster Lompat ke Jurang

oleh -3 views
Teroris KKB membakar fasilitas umum mulai dari SD hingga Puskesmas di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang/kompas.tv

PUBLIKKALTIM.COM – Berita Nasional yang dikutip PUBLIKKALTIM.COM tentang KKB Papua kembali berulah melakukan aksi teror terhadap warga sipil.

Tak ada henti-hentinya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua menoror warga sipil.

Selain meneror warga, mereka juga merusak sejumlah fasilitas umum seperti puskesmas, sekolah dan bank.

Baru-baru ini, mereka berulah di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Sebanyak empat tenaga kesehatan terdiri atas seorang dokter dan tiga suster menjadi korban penganiayaan KKB.

Pada akhirnya, empat korban tersebut memilih melompat ke jurang saat puskesmas tempat mereka bekerja diserang oleh sekitar 50 orang KKB Papua.

Namun, sebelum memutuskan melompat ke jurang,  keempat tenaga kesehatan itu sempat dianiaya oleh KKB.

Menurut Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito, dari 4 tenaga kesehatan yang melompat ke jurang, 2 di antaranya sudah ditemukan.

Kedua tenaga kesehatan yang ditemukan selamat itu adalah seorang dokter dan suster. Saat ditemukan kondisi dokter tersebut sudah mengalami patah tangan.

Namun demikian, patah tangan tersebut bukan karena jatuh setelah melompat ke jurang, melainkan karena dipukul pakai besi oleh KKB sebelum ia melompat.

BERITA LAINNYA :  Diduga Pengaruhi Istri Pelaku, Pria Ini Tewas Ditikam Saat Buang Air Kecil

Dandim 1715/Yahukimo, Letkol Christian Irreuw mengatakan kontak senjata antara TNI dan KKB terjadi sejak pukul 09.00 hingga 13.15 WIT di Distrik Kiwirok.

“Telah terjadi kontak tembak antara personel Pos Kiwirok Satgas Pamtas 403/WP dengan KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo dan aksi pembakaran fasilitas umum serta pemukiman warga,” kataLetkol Christian.

Adapun fasilitas umum yang dibakar KKB adalah Puskesmas Kiwirok, Kantor Bank Papua Perwakilan Distrik Kiwirok, Kantor Distrik Kiwirok, Sekolah Dasar Kiwirok dan Pasar Kiwirok. (*)

Artikel ini telah tayang di kompas.tv dengan judul ‘Dokter dan Suster Lompat ke Jurang Saat Puskesmas Diserang KKB, Sempat Ditikam dan Dipukul Besi’ https://www.kompas.tv/article/211816/dokter-dan-suster-lompat-ke-jurang-saat-puskesmas-diserang-kkb-sempat-ditikam-dan-dipukul-besi?page=3