Pengukuhan Pengurus IKKBS 2024-2029, Wali Kota Andi Harun Diundang Sampaikan Tausyiah 

oleh -
oleh
Wali Kota Samarinda Andi Harun diminta tausyiah dalam kegiatan pengukuhan pengurus Ikatan Kerukunan Keluarga Berau Samarinda (IKKBS) periode tahun 2024-2029/Foto: Pemkot Samarinda

PUBLIKKALTIM.COM – Wali Kota Samarinda Andi Harun diminta tausyiah dalam kegiatan pengukuhan pengurus Ikatan Kerukunan Keluarga Berau Samarinda (IKKBS) periode tahun 2024-2029.

Kegiatan yang dirangkai dengan acara Halal Bihalal itu berlangsung di Ballroom Crystal 5, Lantai 5 Hotel Mercure, Jalan Mulawarman, Kelurahan Pelabuhan Samarinda, Minggu (09/06/2024).

Pengurus IKKBS dilantik langsung Bupati Berau, Sri Juniarsih.

Ia berharap kepengurusan yang baru dapat terus mempererat hubungan persaudaraan dan kekerabatan.

“Tidak hanya untuk sesama warga Berau yang ada di Samarinda, tetapi juga dengan semua elemen yang ada di Kota Pusat Peradaban ini,” ujarnya.

Sementara itu, Andi Harun yang juga hadir  diminta untuk memberikan tausyiah.

Seperti diketahui, Andi Harun selain memiliki kemampuan memimpin dalam politik dan pemerintahan, juga memang memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam keagamaan.

Ia kerap kali menjadi penceramah dalam acara-acara keagamaan dan juga bertindak sebagai khatib Shalat Jum’at serta Imam.

Dalam tausyiahnya, Andi Harun mengawali dengan menjelaskan tentang makna kata Halal Bihalal.

Dimana Halal Bihalal merupakan kata dan sekaligus tradisi yang berasal dari Indonesia.

Tradisi yang diselenggarakan untuk bertemu atau berkumpul dengan tujuan utama mempererat tali silaturahmi, saling bermaafan dan menjalin keakraban.

BERITA LAINNYA :  Soal Tudingan Pembungkaman Media, Wali Kota Andi Harun Undang Insan Pers Lakukan Klarifikasi 

“Dalam Halal Bihalal, saling memaafkan merupakan unsur utama, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk yang mudah khilaf. Dengan saling memaafkan akan saling mempererat rasa kedekatan dan tali persaudaraan,” kata Andi Harun.

Diakhir tausiahnya, Andi Harun mengajak untuk saling memaafkan, saling menghapus kebencian dan dendam, sehingga Halal Bihalal yang dilaksanakan ini, benar-benar memberikan manfaat, bukan sekedar acara seremonial.

“Melalui acara ini, semua kembali terjalin dengan baik, jika pernah ada yang terputus tali silaturahminya, maka akan kembali terjalin, semakin erat dan semakin rukun,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kepengurusan IKKBS periode tahun 2024-2029, akan diketuai oleh H Amir Husin.

Ia juga merupakan salah satu anggota TWAP Samarinda.(*)