Tingkatkan Kualitas Anak di Samarinda, Pemkot Bakal Tambah 23 Playground 2023 Ini

oleh -
Wali Kota Samarinda Andi Harun resmikan playground di polder Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu, Jalan Abdul wahab Syahranie Samarinda pada Senin, (12/6/2023).

PUBLIKKALTIM.COM – Pemkot Samarinda memprogramkan setiap kelurahan akan disediakan 1 playground untuk mewujudkan Samarinda sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Teranyar, Wali Kota Samarinda Andi Harun resmikan playground di polder Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu, Jalan Abdul wahab Syahranie Samarinda pada Senin, (12/6/2023).

Dalam kesempatan itu, Andi Harun mengatakan bahwa playground ini dapat memiliki manfaat untuk anak-anak agar bisa membantu motorik anak.

“Playground ini bertujuan meningkatkan kualitas anak dalam hal kecerdasan intelektual anak. Seperti komunikasi dan bahasa, motorik dan fisik,” kata Andi Harun.

Daerah playground ini dipilih dengan aspek salah satunya menjaga ketersediaan lahan resapan air, menciptakan aspek planologis perkotaan, sarana pendukung ekologis sosial-budaya, serta terciptanya kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat.

“Mengenai pengamanan dan perawatan, tergantung dari posisi playground, apabila posisi playground berada di kawasan masyarakat, maka pihak RT dan partisipasi masyarakat lah yang mampu memberikan sarana pengamanan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan apabila playground tersebut berada di lingkungan aset pemerintah, maka pemerintah melalui kelurahan yang menyiapkan sarana pengamanan.

Orang nomor satu dikota tepian ini mengatakan bahwa pihaknya nantinya akan memberikan fasilitas CCTV di area playground.

“Kita akan rawat bersama, ini fasilitas yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk pemeliharaannya, kita minta partisipasi kepada masyarakat. Karena playground ini sudah menjadi fasilitas publik,” ujarnya.

BERITA LAINNYA :  Kerap Sebabkan Kemacetan, Pemkot Samarinda Tindak Tegas PKL Nakal

Di tahun 2023 ini Pemkot Samarinda rencanakan akan menambah 23 playground tersebar di Kota Samarinda dengan anggaran Rp 2 M.

Berikut adalah 10 playground lainnya berlokasi di :

1. Jalan Ampera, Kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Palaran.

2. Jalan Merapi RT 12, Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Samarinda utara.

3. Jalan Tongkol, Kelurahan Sungai Dama, Kecamatan Samarinda Ilir.

4. Jalan Perum Korpri Blok D1, Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang.

5. Jalan Perum H. Saleh, Kelurahan Tani Aman, Kecamatan Loa Janan Ilir.

6. Jalan Abdul Muthalib, Kelurahan Sungai Pinang Luar, Kecamatan Samarinda Kota.

7. Karya Bakti, Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Sambutan.

8. Jalan Perum Griya Mukti Blok F1, Kelurahan Gunung Lingai, Kecamatan Sungai Pinang.

9. Jalan APT. Pranoto Perum Korpri 1, Kelurahan Gunung Panjang, Kecamatan Samarinda Seberang.

10.Polder Air Hitam, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu.  (*)