Hadiri Kegiatan Halal Bihalal, Wali Kota Andi Harun Tekankan Pentingnya Bermaafan dan Berinfak

oleh -
oleh
Wali Kota Andi Harun saat beri sambutan di kegiatan Halal Bihalal di Balaikota Samarinda/IST

PUBLIKKALTIM.COM – Wali Kota Samarinda Andi Harun menyampaikan makna mendalam dari halal bihalal.

Hal itu disampaikan Andi Harun saat hadiri kegiatan halal bihalal yang digelar oleh Pemkot Samarinda.

Kegiatan itu berlangsung di lapangan parkir Balaikota Samarinda, Selasa (16/4/2024).

Dalam sambutannya, Andi Harun mengungkapkan bahwa konsep halal bihalal digagas oleh KH Hasbulawaha dan menjadi populer sejak zaman Presiden Soekarno.

“Ide ini muncul dari keinginan untuk meleburkan beban personal antara satu sama lain melalui silaturahmi yang terjalin kembali setelah lebaran meskipun masih diperdebatkan oleh sebagian ulama, tujuan dari halal bihalal adalah untuk saling mengikhlaskan segala persoalan di hati, sehingga menciptakan atmosfer seperti hari kasih sayang yang melepas segala dendam dan ketegangan di antara kita,” ujar Andi Harun, Selasa (16/4/2024).

Andi Harun juga menekankan pentingnya bermaafan dan berinfak.

Menurutnya, berinfak tidak hanya sebatas memberikan harta, tetapi juga merelakan segala yang ada dalam hati dan jiwa untuk menciptakan kedamaian dan kesucian hati.

BERITA LAINNYA :  Dalami Dugaan Perjudian Balap Liar di Samarinda, Polisi Sebut Akan Ditindak Bila Ditemukan

“Tingkatan tertinggi dalam bermaafan adalah mampu memaafkan orang yang bersalah atas dirinya, karena itu merupakan bukti dari kemampuan mengelola amarah dan menjaga silaturahmi,” ucapnya.

Ia menegaskan bahwa tugas utama adalah melakukan kebaikan bagi masyarakat pentingnya menjaga silaturahmi sebagai kunci untuk mendapatkan keberkahan dan kesuksesan dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin dan sebagai individu.

“Dalam menjalankan tugas pemerintahan, tidak hanya anggaran yang penting, tetapi juga metodologi yang tepat. Ia menyoroti perlunya edukasi bagi masyarakat dalam hal ini, seperti yang dilakukan oleh Satpol-PP,” pungkasnya. (advertorial)