Kegiatan GEMARIKAN: Wali Kota Andi Harun Sebut Ibu Hamil Penting Makan Ikan

oleh -
oleh
Wali Kota Samarinda Andi Harun bersama Istri saat hadiri acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan/IST

PUBLIKKALTIM.COM – Wali Kota Samarinda Andi Harun hadiri acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang diselenggarakan di Dermaga Harapan Baru Jalan Ciptomangunkusumo Samarinda, pada Kamis (30/5/2024).

Dalam acara tersebut, Andi Harun menyampaikan pentingnya konsumsi ikan bagi kesehatan dan perkembangan generasi muda.

“Ikan mengandung protein tinggi, omega 3, serta berbagai zat gizi lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama dalam masa pertumbuhan anak-anak,” ujar Andi Harun.

Lebih lanjut, Andi Harun menekankan bahwa memasyarakatkan konsumsi ikan bukan hanya tentang aspek kesehatan, tetapi juga sebagai upaya pencegahan stunting, terutama bagi ibu hamil.

“Konsumsi ikan pada ibu hamil dapat membantu mencegah kelahiran bayi dengan berat badan rendah atau stunting,” ucapnya.

Selain itu, dalam konteks ekonomi, konsumsi ikan juga berperan dalam mengendalikan inflasi.

Ia menjelaskan bahwa ikan, terutama ikan gabus dan layang, merupakan komoditas yang sangat populer di Samarinda dan sekitarnya.

BERITA LAINNYA :  Basarnas Kaltim Kirim 27 Personil untuk Bantu Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Di Sulbar

“Jika produksi ikan haruan menurun, hal ini dapat mempengaruhi ketersediaan ikan di pasaran dan berpotensi meningkatkan inflasi,” jelasnya.

Ia mengatakan untuk mengatasi masalah tersebut, Pemkot Samarinda berencana membangun fasilitas penyimpanan ikan modern.

“Kami akan membangun cool storage di kawasan Harapan Baru sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan ikan dan stabilisasi harga di pasaran,” ujarnya.

Dengan adanya cool storage tersebut, diharapkan ketersediaan ikan tidak lagi dipengaruhi oleh faktor cuaca atau musim, sehingga dapat menjaga harga tetap stabil dan terjangkau bagi masyarakat. (*)