Sudah Divaksin, Fadli Zon Positif Terinfeksi Covid-19

oleh -
Fadli Zon/fajar.co.id

PUBLIKKALTIM.COM – Berita Nasional yang dikutip PUBLIKKALTIM.COM tentang Fadli Zon positif terinfeksi COVID-19.

Anggota DPR RI, Fadli Zon positif terinfeksi COVID-19.

Padahal, Fadli Zon menyebut dia sudah divaksin corona dua dosis pada Maret lalu.

Dia juga sudah pernah mengikuti tes titer antibodi yaitu pemeriksaan untuk mengukur jumlah antibodi dalam darah.

“Maret lalu sudah 2 kali vaksin, n tes titer antibodi 250 (cukup baik),” tulis Fadli Zon.

“Covid-19 ini nyata ada. Alhamdulillah baik2 saja. Mari waspada jaga kesehatan, jaga jarak, jaga imunitas tubuh. Mohon doanya,” lanjutnya.

Meskipun sudah divaksinasi, para ahli percaya seseorang masih bisa terinfeksi COVID-19 jika tidak berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan dengan benar.

Tak hanya itu, adapun beberapa aktivitas yang bisa meningkatkan risiko terinfeksi usai mendapat vaksinasi COVID-19. Berikut detikcom rangkum dari berbagai sumber.

 1. Abai protokol kesehatan saat bepergian

Pasca divaksinasi, sebagian orang mungkin beranggapan merasa lebih kebal dari virus Corona, sehingga mulai abai terhadap protokol kesehatan (prokes).

Padahal, ada beberapa tempat di mana risiko infeksi COVID-19 sangat tinggi, seperti daerah dengan kasus yang tinggi atau transportasi umum.

Masih banyak orang yang belum mendapatkan vaksin COVID-19, sehingga orang yang sudah divaksin harus tetap melakukan pencegahan (prokes) saat bepergian.

Risiko infeksi ulang atau penularan virus Corona di antara orang yang belum mendapatkan vaksin masih bisa terjadi, terlebih dengan munculnya varian-varian Corona baru.

BERITA LAINNYA :  Libur Maulid Nabi dan Akhir Pekan, Pemkot Balikpapan Tetap Buka Wisata di Tengah Pandemi Covid-19

2. Tidak pakai masker

Banyak orang orang yang beranggapan pasca vaksinasi Corona sudah bisa terbebas dari masker, tetapi nyatanya belum bisa.

Tidak menggunakan masker justru menjadi salah satu kesalahan terbesar untuk orang yang sudah divaksin COVID-19.

Semua orang termasuk yang sudah menerima vaksin tetap disarankan menggunakan masker, sampai kekebalan kelompok atau herd immunity bisa terbentuk.

3. Berkumpul

Orang yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 masih berisiko tertular virus Corona, terutama dari para pasien asimtomatik (tanpa gejala).

Hal ini bisa terjadi jika seseorang lengah tidak menerapkan prokes, misalnya melepas masker dan berkumpul dengan banyak orang.

Untuk itu, penting untuk mereka yang sudah divaksin untuk tetap menjalankan prokes seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. (*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul ‘Fadli Zon Positif Corona, 3 Hal Ini Picu Risiko Terpapar Meski Sudah Vaksin’ https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5587889/fadli-zon-positif-corona-3-hal-ini-picu-risiko-terpapar-meski-sudah-vaksin