Waspada!! Tsunami Menghantam Pantai Pasifik AS dan Jepang

oleh -
Ilustrasi tsunami. (ayoyogya.com)

PUBLIKKALTIM.COM – Sabtu pagi, 15 Januari 2022, terjadi gelombang tsunami pertama yang menghantam pantai Pasifik AS.

Hal itu disampaikan oleh Dave Snider, koordinator peringatan tsunami di Pusat Peringatan Tsunami Nasional Layanan Cuaca Nasional di Palmer, Alaska, dilansir dari CNN.

banner Pemkot

Menurut keterangan Dave Snider, gelombang setinggi 1,2 kaki (36 cm) telah diamati di Nikolski, Alaska.

Sementara gelombang setinggi satu kaki diamati di Atka, Adak dan King Cove, Alaska.

“Ini mungkin bukan gelombang terbesar karena ini akan datang,” ujar Snider, seraya mengatakan peristiwa itu belum berakhir dikutip dari tempo.co.

Selain itu, tsunami juga mencapai Jepang pada Sabtu (15/1/2022) malam hingga Minggu (16/1/2022) dini hari waktu setempat.

Badan Meteorologi Jepang menyebut, tsunami setinggi 1,2 meter mencapai pulau selatan terpencil Jepang, Amami Oshima, pada Sabtu malam waktu setempat.

Bukan hanya itu, tsunami yang lebih kecil juga mencapai daerah lain di sepanjang pantai Pasifik Jepang sebagaimana dilansir AFP.

BERITA LAINNYA :  Birokrasi Tinggi, Isran Noor Sebut Virus Corona Tak Mampu Masuk Indonesia

Pantai timur Hokkaido serta wilayah barat daya Kochi dan Wakayama juga dilanda tsunami setinggi 0,9 meter.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk daerah di sekitar pulau Amami selatan dan rantai pulau Tokara di Prefektur Kagoshima dan peringatan tsunami untuk semua daerah pesisir yang menghadap ke Samudra Pasifik.

Peringatan tsunami itu dikeluarkan menyusul letusan sebuah gunung berapi bawah laut di Tonga pada Sabtu, 15 Januari 2022, dan peringatan tsunami dikeluarkan atas beberapa negara pulau di kawasan Pasifik Selatan. (*)