18 Partai Lolos Verifikasi Pemilu 2024, 6 Parpol Lainnya Tak Lolos 

oleh -
Ilustrasi Partai politik/suara.com

PUBLIKKALTIM.COM – Sejumlah 18 partai politik (parpol) telah memenuhi syarat verifikasi administrasi Pemilu 2024.

Hal itu diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tertuang dalam surat pengumuman nomor 9/PL.01.1-Pu/05/2022.

Salinan surat itu telah dipublikasi di situs resmi KPU.

Adapun parpol yang lolos berdasarkan surat tersebut, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Perindo, Partai NasDem, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Selanjutnya ada Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Demokrat, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ada pula Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Buruh, dan Partai Ummat.

Sedangkan  enam parpol yang tak lolos verifikasi administrasi yakni Partai Swara Rakyat Indonesia, Partai Republik, Partai Republik Satu, Partai Republik Indonesia, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), dan Partai Keadilan dan Persatuan.

BERITA LAINNYA :  Hasil Survei Terbaru, Elektabilitas Demokrat dan PKS Menguat Geser Parpol Koalisi

“Ya mas (enam parpol tidak lolos verifikasi administrasi). Kita lanjut untuk verifikasi faktual parpol yang memenuhi syarat untuk verifikasi administrasi perbaikan,” ujar Komisioner KPU Betty Idroos dikutip CNNIndonesia, Jumat (14/10).

KPU akan melakukan verifikasi faktual dengan mengecek kepengurusan parpol di 100 persen provinsi, 75 persen kabupaten/kota, dan 50 persen kecamatan yang ada di Indonesia. (*)