Perkuat Infrastruktur Kesehatan, Wali Kota Andi Harun Resmikan Gedung PMI Samarinda

oleh -
oleh
Wali Kota Samarinda Andi Harun saat meresmikan Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Samarinda/IST

PUBLIKKALTIM.COM – Rabu (10/7/2024), Wali Kota Samarinda Andi Harun meresmikan Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Samarinda.

Gedung tersebut berlokasi di Polder Air Hitam, Jalan Abdul Wahab Syahranie.

Dalam kesempatan itu, Andi Harun mengatakan bahwa pembangunan gedung ini sekaligus sebagai langkah penting dalam memperkuat infrastruktur layanan kesehatan di Samarinda.

Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan gedung baru PMI Samarinda.

“Gedung ini bukan sekadar bangunan fisik, tetapi simbol komitmen kami terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujar Andi Harun.

Pembangunan gedung PMI ini dibangun di atas lahan seluas 835 m2 dengan luas bangunan 480 m2 yang terdiri dari 2 lantai.

Gedung itu dibangun dengan total anggaran mencapai Rp. 4.900.627.000 dari APBD Samarinda 2023 dan perubahan tahun 2023.

“Dialokasikan anggaran untuk kontrak fisik sebesar Rp. 2.829.102.000 (dua milyar delapan ratus dua puluh Sembilan juta seratus dua ribu rupiah). Selanjutnya pembangunan fisik dianggarkan Kembali pada APBD Perubahan TA 2023 sebesar Rp. 2.071.525.000 (dua milyar tujuh puluh satu juta lima ratus dua puluh lima ribu rupiah),” jelasnya.

Gedung PMI Samarinda bukan hanya sebagai kantor rutin, tetapi juga sebagai markas operasional yang siaga 24 jam, mirip dengan polisi dan tentara.

BERITA LAINNYA :  Dinas Kesehatan: Angka Stunting di Samarinda Ditargetkan Hanya 11 Persen di 2024

“Pelayanan PMI tidak mengenal waktu, siang malam siap melayani masyarakat, baik dalam kegiatan rutin seperti donor darah maupun dalam penanggulangan bencana,” jelasnya.

Andi Harun juga menekankan pentingnya ketersediaan darah yang memadai.

“Samarinda membutuhkan sekitar 17 ribu kantong darah setiap tahunnya. Saya berharap PMI dapat memastikan ketersediaan darah untuk masyarakat sehingga tidak ada keluhan terkait kekosongan darah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PMI Samarinda, Decky Zulkiffli, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Wali Kota Andi Harun dalam pembangunan gedung markas PMI.

“Kami sangat bersyukur atas perhatian dan bantuan yang diberikan sehingga gedung ini dapat berdiri dalam waktu singkat dan siap beroperasi,” ucap Decky.

Ia menjelaskan bahwa gedung markas baru ini tidak hanya berfungsi sebagai pusat pelayanan donor darah, tetapi juga dilengkapi dengan laboratorium pemeriksaan dan pengolahan komponen darah.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Samarinda dan sekitarnya,” pungkasnya. (*)