Usai Sebut Siap Jadi Capres 2024, Kini Ganjar Serahkan Kembali ke PDIP

oleh -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/pikiran-rakyat.com

PUBLIKKALTIM.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan keputusan soal Calon Presiden (Capres) 2024 merupakan kewenangan penuh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pasalnya, Ganjar merupakan kader PDIP.

Pernyataan itu berbeda dengan sebelumnya yang mengatakan siap menjadi Capres dengan alasan demi bangsa dan negara.

Ia menjelaskan ke media pada 18 Oktober lalu, semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi presiden.

Ganjar menyebut setiap partai pasti memilih anak-anak bangsa terbaik yang bisa memimpin Indonesia ke depan.

“Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap,” kata Ganjar dalam sebuah wawancara di televisi nasional pada Selasa.

“Ketika partai sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya semua orang mesti siap soal itu,” lanjutnya.

Namun, pernyataan itu berubah pada Kamis (20/10). Ganjar mengatakan keputusan soal Capres merupakan kewenangan penuh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Capres opo? Wong aku iki PDI Perjuangan. Nggon PDI Perjuangan capres kui urusane Bu Mega (Capres apa? Aku ini PDI Perjuangan. Di PDI Perjuangan capres itu urusannya Bu Mega),” kata Ganjar kepada wartawan di sela pembukaan Kabupaten Semarang Expo (KASMEX) di Lapangan Panglima Besar Sudirman Ambarawa, dikutip dari detikJateng, Kamis (20/10).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memastikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum memberikan restu kepada siapa pun untuk maju sebagai calon presiden.

BERITA LAINNYA :  Jukir Liar Kerap Meresahkan Masyarakat, Komisi II DPRD Samarinda Dorong Dishub Perhatikan Upah Jukir Resmi

Diketahui, keputusan akhir capres PDIP ada di tangan Megawati.

“Ya, namanya saja belum diumumkan. Restu itu nanti dengan seperti dulu ketika Bu Mega memutuskan dan dengan tulisan tangan beliau itu memutuskan untuk menetapkan Pak Jokowi sebagai capres pada tahun 2014,” ujar Hasto saat ditemui di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Rabu (19/10).

Hasto mengatakan Mega akan mengumumkan capres pada waktu yang tepat. Hingga saat itu tiba, semua kader PDIP diminta untuk membantu rakyat di tengah krisis ekonomi.

Nama Ganjar memang tengah melejit berdasarkan beberapa survei lembaga independen. Pada survei dari lembaga Charta Politika Indonesia misalnya, elektabilitas Ganjar tertinggi di Jateng dan Lampung dengan raihan 68,3 persen.

Survei tersebut menunjukkan elektabilitas Ganjar berada di atas melampaui nama-nama lainnya seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang meraih 7,3 persen dan Gubernur DKI Jakarta yang sudah purnatugas, Anies Baswedan sebesar 6 persen. (*)