Jalan Didekat Bandara APT Pranoto dalam Masa Perbaikan, Polresta Samarinda Kerahkan Personel Terkait untuk Pengamanan Arus Lalu Lintas

oleh -
Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli / Foto: HO

PUBLIKKALTIM, SAMARINDA – Perbaikan Jalan Poros Samarinda-Bontang, disegmen Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara yang dikerjakan Balai BPJN Kementrian PUPR juga menjadi perhatian serius oleh jajaran Polresta Samarinda.

Perhatian diberikan Korps Bhayangkara untuk kelancaran arus lalu lintas, khususnya bagi pengguna jalan dan calon penumpang Bandara APT Pranoto Samarinda.

“Karena ada kegiatan perbaikan jalan Poros Samarinda-Bontang tepatnya Di Tanah Merah, kita menerapkan jalur buka tutup. Kita juga sudah menyiapkan satu Unit Turjawali di sana (untuk pengamanan arus lalu lintas),” ucap Kapolresta Samarinda, Komebs Pol Ary Fadli melalui Kasat Lantas, Kompol Creato Sonitehe Gulo, Jumat (25/11/2022).

Kondisi perbaikan jalan yang cukup panjang, menjadi sebab dilakukannya skema buka tutup arus lalu lintas di jalan utama menuju Bandara APT Pranoto Samarinda itu.

“Ya karena perbaikan jalannya itu cukup panjang jadi pihak BPJN meminta waktu 24 jam untuk pengamanan. Karena kalau dikerjakan setengah-setengah enggak bisa,” tambahnya.

Selama pengamanan arus lalu lintas, Gulo menyebut sedikitnya ada tiga regu yang masing-masingnya terdiri dari empat personel kepolisian.

“Kami turun empat anggota dari setiap regu dan kami tempatkan di pos lalu lintas di dekat kawasan perbaikan jalan,” terangnya.

Terakhir, Gulo tak lupa memberikan imbauannya agar para pengguna jalan. Khususnya para calon penumpang pesawat dari keberangkatan Bandara APT Pranoto bisa lebih memperhatikan kondisi jalan dan juga meluangkan waktu keberangkatan.

“Jadi kami mengimbau dan mengharapkan agar para calon penumpang pesawat yang hendak menuju Bandara APT Pranoto agar berangkat lebih awal demi menghindari keterlambatan. Dan diharapkan juga para pengguna jalan bisa lebih waspada dan berhati-hati karena adanya proyek perbaikan jalan,” tandasnya.

BERITA LAINNYA :  Seorang Pria di Sukabumi Tantang Umat Muslim hingga Injak Al-Qur'an

Diberitakan sebelumnya, kondisi perbaikan ruas jalan itu telah dicek secara langsung oleh Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli bersama Arifan selaku Korlap Balai BPJN Kementrian PUPR, Heri Kuswanto selaku K3 PT Bumi Karsa, Adi Santoso Ketua RT 26 Tanah Merah dan Aswan Perwakilan Security SPBU Tanah Merah pada Kamis (27/10/2022).

Saat dilokasi, Kapolresta Samarinda memberikan beberapa imbauan dan penekanan terhadap Korlap Balai BPJN Kementrian PUPR dan K3 PT Bumi Karsa selaku kontraktor peningkatan badan jalan. Selain itu, polisi nomor satu di Samarinda itu juga saat jam sibuk arus kendaraan yang menuju ke Bandara APT Pranoto agar lebih diprioritaskan.

Dengan presentasi saat jam sibuk, para kontraktor perbaika jalan bisa memberikan kelonggaran pada calon penumpang yang mengejar waktu penerbangan di Bandara APT Pranoto dengan perbandingan 70 % untuk arus kendaraan dari kota menuju bandara, dan 30 % dari arah sebaliknya.
(*)