Kabar Baik, Balikpapan Tambah 1 Laboratorium PCR Covid-19 di RS Tentara dr Hardjanto

oleh -7 views
Rumah Sakit Tentara Harjanto Balikpapan/IST

PUBLIKKALTIM.COM, BALIKPAPAN – Bertambah lagi, kini Laboratorium Rumah Sakit Tentara dr Hardjanto dapat melakukan pemeriksaan swab test dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Hal ini mengingat jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan masih terus menyumbang setiap harinya.

“Alhamdulilah saat ini di Kota Balikpapan bertambah lagi 1 fasilitas kesehatan yang mampu untuk melakukan pemeriksaan swab PCR yaitu di Laboratorium RS Tentara Harjanto Balikpapan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Juru bicara tim satgas Covid-19 Kota Balikpapan ini bersyukur karena dengan kehadiran alat swab PCR di RS Harjanto dapat membantu proses perluasan kontak dengan cepat.

“Tentu saja kita bersykur karena hal ini dapat mempercepat tracing di Kota Balikpapan pada pasien-pasien suspek Covid-19,” ujarnya.

Sebelumnya, fasilitas kesehatan di Balikpapan yang dapat melakukan pemeriksaan swab test adalah Laboratorium PCR-TCM RS Kanudjoso Djatiwibowo, Laboratorium PCR RS Pertamina Balikpapan, Klinik Tirta Balikpapan, dan kini ada di Laboratorium PCR RST Harjanto Balikpapan.

Per Sabtu (17/10/2020) Total pasien positif mencapai 3.543 kasus, pasien positif dirawat di Rumah Sakit ada 136 kasus, yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 463 kasus, pasien sembuh sebanyak 2733 kasus, dan pasien positif meninggal dunia sebanyak 211 kasus. (*)