Persentase Covid-19 di Balikpapan Menurun, Angka Kematian Meningkat

oleh -3 views
Tim Satgas Covid-19 Kota Balikpapan saat pers rilis/HO

PUBLIKKALTIM.COM, BALIKPAPAN – Persentase kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami penurunan, namun adanya kenaikan pada persentase angka kematian Covid-19 di Kota Balikpapan.

“Analisa kasus perminggu saat ini kita berada pada minggu ke 47, kasus lebih rendah dibandingkan kasus terkonfirmasi positif minggu ke 45 dan 46, penurunannya sebesar 2,76%,” papar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, Senin (30/11/2020) sore di Kantor Pemkot Balikpapan.

Andi mengatakan penurunan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada minggu ke 47 ini disebabkan karena ketatnya penerapan protokol kesehatan di Kota Balikpapan.

Namun, angka kasus kematian Covid-19 pada minggu ke 47 ini mengalami tren kenaikan hingga 2,17% dibandingkan minggu sebelumnya.

“Angka kematian minggu ini naik. Jadi dari minggu lalu 0,44% atau 1 kasus kematian, di minggu ke 47 ini ada 5 kasus jadi naik 2,17%,” katanya.

Ia menjelaskan presentase pada kondisi pasien yang dirawat di rumah sakit ada penurunan kasus sebesar 3,61% dibandingkan minggu sebelumnya.

Sementara pasien yang menjalani isolasi mandiri juga ada tren penurunan, dari 76,28% menurun menjadi 72,2%.

“Angka kesembuhan kalau kita lihat secara real jumlah ini menurun karena memang jumlah yang sakit pada minggu lalu juga menurun,” katanya.

Pada angka testing di Kota Balikpapan secara absolut didukung oleh laboratorium yang terus bertambah, hingga pada minggu 47 ini jumlah testing ada 8,81% per minggu per 1.000 penduduk yang ada di Kota Balikpapan. (*)