Wawali Rusmadi Apresiasi Gebyar Ramadan di Loa Janan Ilir, Disebut Kegiatan Mulia

oleh -
Wawali Rusmadi/Foto: Pemkot Samarinda

PUBLIKKALTIM.COM – Gebyar Ramadan 1445 Hijriah resmi ditutup oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Rusmadi.

Kegiatan itu dirangkai dengan berbuka puasa bersama di SD Daarul Hijrah di Kecamatan Loa Janan Ilir, Kelurahan Rapak Dalam yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting (Kwaran) Loa Janan Ilir sebagai bagian dari upaya memperkuat nilai-nilai keagamaan dan pendidikan karakter di kalangan anak-anak dan remaja.

Dalam sambutannya, Rusmadi menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Gebyar Ramadan ini, yang dianggapnya sebagai kegiatan yang sangat mulia dan penting dalam mencapai tujuan Gerakan Pramuka, yakni melahirkan generasi yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ia juga menekankan pentingnya pembinaan pramuka sejak usia dini, terkait dengan pembentukan akhlak dan karakter anak-anak.

Rusmadi juga menyoroti nilai-nilai yang diajarkan oleh bulan Ramadan, tidak hanya sebatas menahan lapar dan dahaga, tetapi juga sebagai ajang untuk mendidik ketaatan kepada syariat Islam.

Ia menganggap bulan Ramadhan sebagai sekolah yang baik, tidak hanya bagi anak-anak, tetapi juga bagi para orang tua.

Lebih lanjut, Rusmadi menekankan bahwa Gerakan Pramuka adalah gerakan yang luar biasa, yang melengkapi pendidikan formal dengan memberikan bekal terkait kedisiplinan, ketaatan, patriotisme, dan keberanian kepada generasi muda.

BERITA LAINNYA :  Wawali Rusmadi Mulai Lakukan Persiapan Jelang Raimuna Tingkat Provinsi

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Sarnun Amin, menjelaskan bahwa Gebyar Ramadhan ini telah diikuti oleh 20 sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah serta 10 sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah, dengan jumlah peserta mencapai 160 orang untuk SD dan 65 orang untuk SMP.

Peserta berasal tidak hanya dari Loa Janan Ilir tetapi juga dari seluruh Kota Samarinda.

Acara Gebyar Ramadan dilaksanakan selama beberapa hari, dengan rangkaian lomba antara lain Lomba Kaligrafi, Lomba Menyanyi Solo, Lomba Habsyi, Lomba Peragaan Muslim (Fashion Show), dan Lomba Tilawah untuk kategori SD, serta Lomba Kaligrafi, Lomba Peragaan Busana Muslim, dan Lomba Tilawah untuk kategori SMP.

Tidak hanya itu, acara ini juga menjadi momentum untuk meresmikan gugus depan Daarul Hijrah Kwartir Ranting Loa Janan Ilir, menandai komitmen lebih lanjut dalam mengembangkan Gerakan Pramuka di wilayah tersebut. (*)